• Creative Brief dalam Pembuatan Sebuah Desain. Perlukah?

     





    Hai !

    Dalam proses kreatif pembuatan sebuah desain, seorang desainer harus melalui berbagai tahapan proses kreatif.  Menurut James Webb Young (Morissan, 2015),  prinsip-prinsip proses kreatif harus melalui tahapan sebagai berikut :

    Ø  Keterlibatan diri (immersion)

    Upaya melibatkan diri ke dalam masalah yang ada dengan cara mengumpulkan latar belakang masalah (background research) dan mencerna masalah (digestion) agar bisa memahami masalah.

    Ø  Proses Inkubasi (incubation)

    Meletakkan masalah di luar pikiran sadar Anda dan mengubah informasi ke dalam pikiran bawah sadar untuk melakukan pekerjaan, yaitu proses mengembangkan ide atau gagasan.

    Ø  Iluminasi

    Upaya untuk mencari pemecahan masalah melalui pengembangan ide

    Ø  Verifikasi

    Kegiatan mempelajari ide atau gagasan untuk menentukan apakah ide/gagasan tersebut mampu menyelesaikan masalah.

    Prinsip – prinsip tersebut bertujuan agar desain karya dapat tepat sasaran dan bisa mendapatkan hasil yang di harapkan.

    Nah, kali ini kita akan mencoba membuat sebuah brief dari sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan barang – barang kebutuhan hewan peliharaan dari mulai makanan, vitamin, obat – obatan hingga aksesoris untuk hewan peliharaan kita seperti anjing, kucing, hamster, burung, ayam dan lainnya yang bernama Frontera Pet Mart.


     


    A.      Project Background

    Frontera Pet Mart merupakan perusahan yang bergerak dibidang penjualan barang – barang kebutuhan hewan peliharaan mulai dari makanan, vitamin, obat – obatan dan aksesoris hewan. Pada masa sekarang, memiliki hewan peliharaan sudah menjadi sebuah gaya hidup. Memiliki hewan peliharaan dipercaya mampu mengatasi stress, menjadi healing theraphy dan memberikan hiburan tersendiri bagi pemiliknya. Selain itu hewan peliharaan juga mampu menjadi “tempat pelarian sementara” dari sibuknya hiruk pikuk pekerjaan. Tak sedikit pula orang yang menyayangi hewan peliharaan layaknya sahabat karib seperti manusia. Sehingga pemilik hewan peliharaan ingin memberikan makanan, tempat tinggal, perawatan dan aksessoris terbaik untuk peliharaan mereka. Oleh karena itu , para petshop dan pet market pun sudah menjamur dimana – mana sehingga sangat mudah ditemui. Persaingan pun menjadi semakin ketat, sehingga diperlukan sebuah identitas dari sebuah petshop atau petmart untuk lebih dikenal dan membangun image branding di masyarakat.

     

    B.      Project Knowledge dan Analisis SWOT

    Frontera Petmart, merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan kebutuhan hewan peliharaan.

     

    1.       Strength

    Frontera Pet Mart merupakan perusahaan retail yang menjual berbagai kebutuhan hewan peliharaan dengan lengkap dan mengedapankan nilai kenyamanan bagi pemilik dan hewan peliharaannya dengan cara memberikan pelayanan terbaik.

    2.       Weakness

    Frontera Pet Mart merupakan perusahaan baru, sehingga harus memiliki competitor yang sudah lama dan melekat dimasyarakat.

     

    3.       Oportunity

    Frontera Pet Mart memiliki peluang yang cukup besar karena memiliki konsep yang ramah dan bersahabat bagi hewan peliharaan dan pemiliknya, selain itu Frontera Pet Mart menyediakan kebutuhan hewan peliharaan secara lengkap.

     

    4.       Treat

    Ancaman dari Frontera Pet Mat adalah Pet Mart dan Petshop lain yang sudah berdiri sejak lama dan menjamur dimana – mana, khususnya di Kota Bandung.

     

    C.      Objectives

    Tujuan dari pembuatan logo pada perusahaan ini adalah untuk memberikan identitas perusahaan dan menciptakan brand awareness bagi khalayak luas. Selain itu diharapkan logo dari Frontera Pet Mart mampu menjadi ciri khas dari perusahaan agar mudah dikenali dan memberikan kepercayaan kepada pemilik hewan peliharaan untuk menjadi mitra pemilik hewan.

     

    Sasaran dari logo Frontera Pet Mart adlah parapecinta hewan, pemilik hewan peliharaan yang ingin memberikan perawatan dan aksesoris terbaik bagi sahabat terbaiknya yaitu hewan peliharaanya.

     

    Karakter desaing yang di ingin kan dari perusahaan ini adalah harus memiliki karakter desain yang sesuai dengan Namanya yaitu Frontera yang berarti perbatasan hutan yang sejuk, sehingga menggunakaan warna – warna yang menciri kan hutan, kesejukan dan kenyamanan untuk tempat berteduhnya hewan – hewan.

     

    D.      Creative Concept

    Logo dari Frontera Pet Mart sendiri haruslah yang mudah diingat, memiliki karakter, menggunakaan warna – warna yang bernuansa alam, hutan dan kesejukan dengan memberikan ornament hewan, tumbuhan atau alam. Hal tersebut dikarenakan Frontera Pet Mart merupakan perusahaan baru yang akan bersaing dengan para kompetitornya yang sudah memiliki nama dan kepercayaan dihati masyarakat. Sehingga desain logo pun harus mencerminkan kenyaman dan keamanan bagi hewan peliharaan. PEnggunaan tipografinya pun harus mendukung konsep natural, hutan dan alami namun tetap bersahabat. Sehingga harus menghindari huruf dengan jenis yang runcing dan kaku. Seluruh elent dalam logo harus memiliki kesatuan yang utuh yang menggambarkan kenyamanan dan keamana, serta alami bagi hewan peliharaan.

     

    E.       Media Strategi

    Media strategi yang dapat digunakan Frotera Pet Mart dapat dilakukan dengan mempromosikannya di media social. Selain itu dapat juga membuat dan menyebarkan poster grandopening serta membuat sebuah ambient di sekitar taman kota, dimana biasanya para majikan mengajak hewan peliharaan tersebut untuk bermain dan berjalan – jalan.

     

    Nah, segitu dulu ya pembahasan creative brief kita kali ini.

     Semoga bermanfaat !


    Dodi Arfiyan

    201846500408

    DKV Unindra

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar