Hai !
Dalam
proses kreatif pembuatan sebuah desain, seorang desainer harus melalui berbagai
tahapan proses kreatif. Menurut James Webb
Young (Morissan, 2015), prinsip-prinsip proses
kreatif harus melalui tahapan sebagai berikut :
Ø Keterlibatan diri (immersion)
Upaya melibatkan diri ke dalam masalah yang ada dengan cara mengumpulkan
latar belakang masalah (background research) dan mencerna masalah (digestion)
agar bisa memahami masalah.
Ø Proses Inkubasi (incubation)
Meletakkan masalah di luar pikiran sadar Anda dan mengubah informasi ke
dalam pikiran bawah sadar untuk melakukan pekerjaan, yaitu proses mengembangkan
ide atau gagasan.
Ø Iluminasi
Upaya untuk mencari pemecahan masalah melalui pengembangan ide
Ø Verifikasi
Kegiatan mempelajari ide atau gagasan untuk menentukan apakah
ide/gagasan tersebut mampu menyelesaikan masalah.
Prinsip –
prinsip tersebut bertujuan agar desain karya dapat tepat sasaran dan bisa
mendapatkan hasil yang di harapkan.
Nah, kali
ini kita akan mencoba membuat sebuah brief dari sebuah perusahaan yang bergerak
dibidang penjualan barang – barang kebutuhan hewan peliharaan dari mulai
makanan, vitamin, obat – obatan hingga aksesoris untuk hewan peliharaan kita
seperti anjing, kucing, hamster, burung, ayam dan lainnya yang bernama Frontera
Pet Mart.
A. Project Background
Frontera Pet Mart merupakan
perusahan yang bergerak dibidang penjualan barang – barang kebutuhan hewan
peliharaan mulai dari makanan, vitamin, obat – obatan dan aksesoris hewan. Pada
masa sekarang, memiliki hewan peliharaan sudah menjadi sebuah gaya hidup.
Memiliki hewan peliharaan dipercaya mampu mengatasi stress, menjadi healing
theraphy dan memberikan hiburan tersendiri bagi pemiliknya. Selain itu hewan
peliharaan juga mampu menjadi “tempat pelarian sementara” dari sibuknya hiruk
pikuk pekerjaan. Tak sedikit pula orang yang menyayangi hewan peliharaan
layaknya sahabat karib seperti manusia. Sehingga pemilik hewan peliharaan ingin
memberikan makanan, tempat tinggal, perawatan dan aksessoris terbaik untuk
peliharaan mereka. Oleh karena itu , para petshop dan pet market pun sudah
menjamur dimana – mana sehingga sangat mudah ditemui. Persaingan pun menjadi
semakin ketat, sehingga diperlukan sebuah identitas dari sebuah petshop atau
petmart untuk lebih dikenal dan membangun image branding di masyarakat.
B.
Project
Knowledge dan Analisis SWOT
Frontera Petmart, merupakan sebuah
perusahaan yang bergerak dibidang penjualan kebutuhan hewan peliharaan.
1. Strength
Frontera Pet Mart merupakan
perusahaan retail yang menjual berbagai kebutuhan hewan peliharaan dengan
lengkap dan mengedapankan nilai kenyamanan bagi pemilik dan hewan peliharaannya
dengan cara memberikan pelayanan terbaik.
2. Weakness
Frontera
Pet Mart merupakan perusahaan baru, sehingga harus memiliki competitor yang
sudah lama dan melekat dimasyarakat.
3. Oportunity
Frontera
Pet Mart memiliki peluang yang cukup besar karena memiliki konsep yang ramah
dan bersahabat bagi hewan peliharaan dan pemiliknya, selain itu Frontera Pet
Mart menyediakan kebutuhan hewan peliharaan secara lengkap.
4. Treat
Ancaman
dari Frontera Pet Mat adalah Pet Mart dan Petshop lain yang sudah berdiri sejak
lama dan menjamur dimana – mana, khususnya di Kota Bandung.
C.
Objectives
Tujuan dari pembuatan logo pada
perusahaan ini adalah untuk memberikan identitas perusahaan dan menciptakan
brand awareness bagi khalayak luas. Selain itu diharapkan logo dari Frontera
Pet Mart mampu menjadi ciri khas dari perusahaan agar mudah dikenali dan
memberikan kepercayaan kepada pemilik hewan peliharaan untuk menjadi mitra
pemilik hewan.
Sasaran dari logo Frontera Pet Mart
adlah parapecinta hewan, pemilik hewan peliharaan yang ingin memberikan perawatan
dan aksesoris terbaik bagi sahabat terbaiknya yaitu hewan peliharaanya.
Karakter desaing yang di ingin kan dari
perusahaan ini adalah harus memiliki karakter desain yang sesuai dengan Namanya
yaitu Frontera yang berarti perbatasan hutan yang sejuk, sehingga menggunakaan
warna – warna yang menciri kan hutan, kesejukan dan kenyamanan untuk tempat
berteduhnya hewan – hewan.
D.
Creative
Concept
Logo dari Frontera Pet Mart sendiri
haruslah yang mudah diingat, memiliki karakter, menggunakaan warna – warna yang
bernuansa alam, hutan dan kesejukan dengan memberikan ornament hewan, tumbuhan
atau alam. Hal tersebut dikarenakan Frontera Pet Mart merupakan perusahaan baru
yang akan bersaing dengan para kompetitornya yang sudah memiliki nama dan
kepercayaan dihati masyarakat. Sehingga desain logo pun harus mencerminkan
kenyaman dan keamanan bagi hewan peliharaan. PEnggunaan tipografinya pun harus
mendukung konsep natural, hutan dan alami namun tetap bersahabat. Sehingga
harus menghindari huruf dengan jenis yang runcing dan kaku. Seluruh elent dalam
logo harus memiliki kesatuan yang utuh yang menggambarkan kenyamanan dan
keamana, serta alami bagi hewan peliharaan.
E.
Media
Strategi
Media strategi yang dapat digunakan
Frotera Pet Mart dapat dilakukan dengan mempromosikannya di media social.
Selain itu dapat juga membuat dan menyebarkan poster grandopening serta membuat
sebuah ambient di sekitar taman kota, dimana biasanya para majikan mengajak hewan
peliharaan tersebut untuk bermain dan berjalan – jalan.
Nah, segitu dulu ya pembahasan creative
brief kita kali ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar