• Shit and Delicious?




    Shit and delicious diwaktu yang bersamaan? Ataukah ada shit yang delicious? Bukan, bukan. Kali ini saya akan membahas mengenai personal branding dari seorang penulis blog atau blogger yang juga menjadi penulis buku dan juga youtuber Alitt Susanto. Shit dan Delicious merupakan buku karangan penulis dari Yogya yang menceritakan kesialan dan juga kesenangan selama hidupnya di Yoygakarta. Mungkin teman – teman ada yang sudah tahu website alit.shitLicious.com atau chanel youtube Alitt Susanto. Bagi yang belum tahu silahkan berkunjung ke blog pribadi milik Alitt Susanto di alit.shitlicious.com atau di chanel youtube Alitt Susanto.

     

    Alit Susanto merupakan seorang penulis blog yang kemudian membukukan karya menjadi ShitLicious.com. Alitt sendiri lahir di Sragen pada tanggal 1 oktober 1987 dan berdomisili di Yogyakarta. Awalnya Alitt hanya aktif menulis di blog frienster selama kurun waktu 2 tahun, lalu hijrah ke media social facebook dengan memanfaatkan fitur catatan atau note yang ada pada laman facebook. Hingga pada akhirnya ia pun memutuskan untuk menulis sebuah blog agar seluruh tulisannya lebih rapi dan tertata. Dari tulisan – tulisannya di facebook, Alitt mendapatkan banyak masukan dan saran untuk megerimkan tulisannya ke penerbit. Dan akhirnya setelah ditolak oleh puluhan penerbit, Alitt pun menemukan sebuah penerbit yang bersedia menerbitkan karyanya tersebut sehingga lahirlah buku SHitLicious karya Alitt Susanto yang diikuti dengan karya selanjutnya yang berjudul skripshit dan relationshit.

     

    Meskipun sudah melahirkan 3 buah buku, alit tetap aktif menulis diblog pribadinya dan juga memiliki website perusahaan miliknya sendiri. Selain itu alit tetap aktif di berbagai media social seperti youtube, twitter dan Instagram.

    Blog alitt.shitlicious.com merupakan blog pribadi milik alitt yang menjadi sarana untuk mencurahkan isi kepalanya.

    1.      Blog alitt.shitlicious.com

    menulis berbagai  macam artikel yang merupakan opininya mengenai isu – isu tertentu yang dikemas dengan gaya Bahasa yang ringan dan kekinian. Desain blog dari ShitLicious.com juga penuh warna dan terdapat ilustrasi kartun dari wajah seorang pria yang sedang tersenyum lebar. Dari hal tersebut dapat kita lihat bahwa Alitt mencoba untuk membetuk karakter dirinya dari sebuah tulisan dan gambar, yaitu ringan dan jenaka. Terbukti dari judul artikel yang dibuat menggelitik untuk menarik minat pembaca, seperti salah satu artikelnya yang berjudul “Julidnya Netizen di Asian Games 2018”. Dalam desain blog maupun websitenya Alitt menggunakan desain Top Index. Berikut desain blog dari ShitLicious.com milik Alitt Susanto.






    1.       Website Magazine.shitlicious.com

    Selain menulis di blogpribadinya, Alitt Susanto juga memiliki website dengan nama Maglicious.com. Dalam website ini Alitt menuliskan berbagai konten seperti review gadget, tips dan trik serta menulis tentang perjalanan dan kuliner. Dalam desain websitenya masih memiliki kesamaan dengan desain blognya yang juga peniih warna dan menggunakan header yang sama. Namun pada website alit menambahkan latar belakang gambar majalah yang juga penuh warna. Dari sini dapat kita lihat bahwa Alitt mencoba mempertahankan personal brandingnya yaitu jenaka dan ceria. Tulisan dalam majalahnya pun juga tetap ringan dan diulas dengan Bahasa yang juga menarik dan kekinian, sehingga sangat menarik dibaca. Berikut adalah desain dari website Maglicious.com milik Alitt Susanto.



    1.       Sosial media Instagram

    Selain website dan blog, alit juga aktif dimedia social seperti Instagram dan twitter. Hal tersebut dia lakukan agar mendapatkan masukan dan saran untuk tulisan – tulisannya. Selain itu media social tersebut juga digunakan untuk berkomunikasi dengan para pembacanya dari seluruh Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Aliltt agar memudahkan mereka untuk berkoneksi dan berdiskusi mengenai isu – isu terkini yang juga sering menjadi inspirasi tulisan dan konten dari website miliknya. Dalam Instagram pribadi milikinya, Alitt lebih banyak menampilkan foto dirinya beserta kendaraaan miliknya. Masih dengan desain yang mirip, Foto profil milik ALitt pun menggunakan ilustrasi dirinya yang juga penuh warna. Pada twitter pribadinya Alitt menggunakan ilustrasi dirinya yang juga memberikan kesan jenaka, sebagaimana pesan dari personal branding yang ingin disampaikannya. Cuitannya pun tetap memiliki gaya yang ringan dan jenaka, seperti pada tulisan – tulisannya di blog dan website miliknya. Sehingga karakter dari seorang ALitt Susanto begitu melekat pada social media miliknya. Begitu pula dengan chanel yotube pribadi miliknya. Alitt juga menggunakan header yang sama dengan social media twitter miliknya. Sehingga karakter dan kesan yang ditimbulkan sangat kental. Sehingga sekali melihat chanel tersebut, kita langsung tau bahwa chanel tersebut milik Aliltt Susanto. Selian itu foto profil youtubenya pun sama dengan instragram dan twitternya.  Sehingga terdapat benang merah dalam website, blog dan juga social media miliknya. Dari sini dapat kita lihat bahwa Alitt Susanto mencoba membuat personal branding dirinya yaitu menjadi penulis yang jenaka, ringan dan ceria. Sehingga seluruh tulisannya dan konten yang dimililkinya dapat diterima oleh setiap kalangan. Selain menggunakan desain yang mirip antara social media dan websitenya, warna – warna dari desainyya pun sudah memiliki karakter khas dari Alitt susanto. Sehingga dalam hal ini, Alitt dengan sukses membranding dirinya sebagai penulis yang jenaka dan modern. Berikut adalah profil Instagram, youtube dan twitter milik Alitt. 





    Nah, gimana temen - temen, apakah Alitt Susanto ini bisa menginspirasi? Dari sisi penulisan dan personal branding miliknya ?

    Semoga bermanfaat ya!


    Dodi Arfiyan

    DKV S6C

    201346500








  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar